Rabu, 18 Juli 2012

Mengenal Lebih Dekat Kecamatan Jiken (rekomendasi).

Usulan Penanganan Masalah di Kecamatan Jiken
a.   Usulan penanganan masalah untuk kondisi sekarang:
1.   Kecamatan Jiken merupakan salah satu kecamatan yang memiliki potensi alam yang cukup melimpah di bidang sumber daya alam yaitu sumberdaya minyak dan pertanian. Melihat masalah yang ada di jiken sekarang, yaitu dimana belum adanya perda/regulasi yang mengatur tentang pembagian hasil untuk pengelolaan sumberdaya alam (minyak) maka dari itu, pemerintah seharusnya membuat peraturan tersebut, sehingga ada peraturan yang jelas untuk pembagian hasil dari eksplorasi sumberdaya alam yang dilakukan. Menindaklanjuti dari permasalahan tersebut, terkait dengan sumberdaya alam berupa pertanian, yaitu pemerintah sebaiknya aktif terjun kelapangan memberikan sosialisasi dan pengarahan terhadap masyarakat melalui lembaga seperti kelompok tani, LMDH, maupun kepala desa untuk bagaimana caranya memaksimalkan lahan pertanian yang ada. Pemerintah daerah juga seharusnya membuat peraturan mengenai sanksi bagi kepala desa/kelurahan yang kantornya tutup lebih awal, hal ini terkait dengan tindak lanjut dari usulan diatas. Sehingga upaya pemaksimalan pengelolaan pertanian dapat berjalan dan terwujud.


2.  Perbaikan infrastruktur harus di mulai dari sekarang, karena tidak memngkinkan jika menunda perbaikan terus menurus mengingatnya banyak infrastruktur yang masih belum memadai dan perlu dilakukan perbaikan. Meskipun, terjadi kendala pada biaya operasional daerah yang harus dibagi ke 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Blora. Setidaknya setiap tahunnya terjadi perbaikan sedikit demi sedikit sehingga lama kelamaan menjadi baik.
3.  Diperlukan kesadaran penduduk khususnya para petani dengan melakukan terobosan baru untuk memajukan pertanian di Desa yang ada di Kecamatan Jiken dan tidak selalu mengandalkan pemerintah. Terobosan yang dilakukan misalnya membuat saluran irigasi sendiri dengan bergotong royong antar sesama petani sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian.
b.   Usulan penanganan masalah untuk kondisi masa yang akan datang:
1.   Sumberdaya alam ada yang dapat diperbaharui serta banyak yang tidak dapat diperbaharui, salah satunya adalah sumberdaya minyak. Selama ini masyarakat Kabupaten Blora umumnya dan masyarakat Jiken khususnya langsung tidak langsung turut terkena imbas darpada eksplorasi sumberdaya minyak yang sudah dilakukan bertahun-tahun. Akan tetapi sumberdaya yang terus di eksplorasi lama-kelamaan akan habis, dan hal itu juga dapat berimbas kepada masyarakat. Untuk menangani masalah tersebut, maka pemerintah daerah memberikan kebijakan mengenai peningkatan pemanfaatan potansi lokal, dalam hal ini Kecamatan Jiken memiliki semberdaya alam berupa potensi kayu jati (meningkatkan kerajinan tangan), potensi pariwisata, serta potensi lainnya. Sehingga jika sewaktu-waktu nanti sumberdaya minyak yang ada di kecamatan jiken sudah habis, masyarakat tidak perlu khawatir lagi.
2.  Selama ini system pengairan di kecamatan jiken menggunakan system tadah hujan. Hal ini tentunya mengakibatkan hasil panen menjadi kurang maksimal, terkadang petani malah tidak memanen karena musim kemarau. Terkait dengan masalah tersebut, maka usuluan untuk penanganan masalat tersebut yaitu merubah system pengairan untuk lahan pertanian dari system tadah hujan menjadi system irigasi, mengingat sungai dan keadaan topografi di kecamatan jiken memungkinkan untuk dilakukan system tersebut. Selain itu, untuk mendukung rencana tersebut, dapat juga dibantu menggunaka aplikasi Sistem Informasi Geografis. Lebih spesifiknya yaitu untuk mencari titik-titik baru yang aka digunakan untuk penempatan waduk/bendungan yang akan mengalirakan air ke sawah-sawah.

Rekomendasi Untuk Pembuat Keputusan
a.  Rencana Jangka Pendek
1.   Pemerintah Daerah seharusnya melakukan pengadaan perda yang mengatur mengenai sumber daya alam yang ada sehingga dapat dijadikan pemasukan daerah. Peningkatan pemasukkan akan berdampak baik pada perabikakan perbaikan yang dilakukan seperti perbaikan perekonomian, infrastruktur penunjang sehingga membuat Kabupaten Blora menjadi wilayah yang maju khususnya pada Kecamatan Jiken, karena begitu besarnya sumber daya yang ada di Kecamatan Jiken.
2.  Rencana jangka pendek (5-10 tahun) yang disusun lebih mengacu kepada rencana untuk perbaikan infrastruktur dan sarana, yang mana membutuhkan perhatian ekstra demi mampu menunjang berbagai aktivitas penduduk Kecamatan Jiken, terutama mengingat bahwa kondisi infrastruktur terutama jalan masih berupa jalan makadam dan tanah. Selain itu, fasilitas yang belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan penduduk kecamatan Jiken.  Dalam biaya operasionalnya maka akan sulit bila bergantung kepada pendapatan masyarakat, oleh karena itu peran pemerintah beserta lembaga lainnya sangat diperlukan. Mengingat swadaya penduduk Kecamatan Jiken tidak akan cukup jika tidak di imbangi dengan bantuan pemerintah.

b.    Rencana Jangka Panjang
1.   Perhatian pemerintah terhadap sektor lain yang ada di Kecamatan Jiken khususnya pertanian dan pariwisata yang ada sangat dibutuhkan untuk memajukan Kecamatan Jiken. Pariwisata yang ada seperti makam Ki Jati Kusuma dan Ki Jati Swara yang merupakan tokoh ternama di Desa Janjang begitu menarik perhatian masyarakat lain di Kabupaten Blora bahkan hingga di luar wilayah. Seharusnya pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap potensi ini dengan perbaikan aksesibilitas menuju tempat wisata.
2.  Pertanian yang ada di Kecamatan Jiken seharusnya mendapatkan peratian lebih mengingat penduduk di Kecamatan Jiken banyak menggantungkan diri oada produksi pertanian. Pemerintah seharusnya melakukan pengadaan sawah irigasi secara bertahap sehingga membantu dalam peningkatan produksi pertanian.

1 komentar: